User Experience Sebagai Komunikasi Pemasaran Dengan Customer Based Brand Equity Pada Pengguna Tiktok

Daffa Umar Thalib, Weni Adityasning Arindawati, Ema Ema

Abstract


Tiktok adalah media sosial yang baru-baru ini menjadi fenomena global dalam dunia media sosial dan telah menarik perhatian jutaan pengguna dengan format video pendeknya yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara user experience sebagai komunikasi pemasaran dan customer based brand equity pengguna tiktok. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan melibatkan 92 responden dari mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2020 Universitas Singaperbangsa Karawang. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur user experience sebagai X dan customer based brand equity (Y). Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi searah yang kuat antara user experience dan customer based brand equity. Sebagian besar responden merasa bahwa fitur tiktok yang lengkap dan fungsional mendukung pengalaman positif dalam bermedia sosial, serta meningkatkan kepuasan mereka terhadap konten yang tersedia. Selain itu, pengguna menunjukkan pengenalan yang baik terhadap logo tiktok dan mengaitkannya dengan media sosial yang menampilkan video pendek. Penelitian ini menyimpulkan bahwa user experience berhubungan positif kuat dengan customer based brand equity. Oleh karena itu, disarankan bagi perusahaan digital untuk fokus pada perbaikan user experience sebagai strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Tiktok diharapkan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dan meningkatkan kepuasan, guna menciptakan loyalitas merek yang lebih tinggi di era digital ini.

Keywords


User Experience, Tiktok, Customer Based Brand Equity

Full Text:

PDF

References


Albarq, A. N. (2021). Effect of Web atmospherics and satisfaction on purchase behavior: stimulus–organism–response model. Future Business Journal, 7(1), 62. https://doi.org/10.1186/s43093-021-00107-3

Aldino, A. P. (2024, March 25). Pemilu 2024, Tiktok, dan Partisipasi Semu. Detiknews. https://news.detik.com/kolom/d-7260093/pemilu-2024-tiktok-dan-partisipasi-semu

Berni, A., & Borgianni, Y. (2021). From the definition of user experience to a framework to classify its applications in design. Proceedings of the Design Society, 1, 1627–1636. https://doi.org/10.1017/pds.2021.424

Data Reportal. (2024, February 9). DIGITAL 2024: INDONESIA. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti. Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. QiaraMedia.

https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah- 4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816f cce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf

Fortman. (2023). What is Customer based brand equity?

Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., Ardiansyah, T. E., Djaya, T. R., Ayu, A. S., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring sebelum Sharing (R. Fauzi, Ed.; 1st ed.). Penerbit Insania. Herawati Yoseu. (2022). Analisis User experience Pada Tiktok Menggunakan Metode User experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Ilmiah Komputasi, 21(4).

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3108

Hulukati, W., & Dijbran, Moh. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa FAakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 02.

Intan Nirmala Sari. (2023, March 6). Sejarah Tiktok dari Aplikasi Negeri Panda hingga Mendunia.Katadata.https://katadata.co.id/intannirmala/ekonopedia/6404f5c3ce775/sej arah-tiktok-dari-aplikasi-negeri-panda-hingga-mendunia

International Design Foundation. (2020). User experience (UX) Design. IxDF. https://www.interaction-design.org/

Jati, A. S. (2020). Tiktok Makin Disukai Anak Muda, Ini Alasannya. Detiknet.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5133039/tiktok-makin-disukai-anak-muda-ini- alasannya

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Martins, M. A. J., & Riyanto, S. (2020). The Effect of User experience on Customer Satisfaction on Netflix Streaming Services in Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(7), 573–577. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jul545

McQuail, Denis. (2010). McQuail’s mass communication theory. Sage Publications.

Park, C. I., & Namkung, Y. (2022). The Effects of Instagram Marketing Activities on Customer-Based Brand Equity in the Coffee Industry. Sustainability (Switzerland),

(3). https://doi.org/10.3390/su14031657

Prashansa Sheresta. (2023, April 6). Indonesia in three charts: Installs, sessions, and retention rates. Adjust Media. https://www.adjust.com/blog/indonesia-in-three-charts- installs-sessions-and-retention-rates/

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (2nd ed.). ALFABETA, cv.

Rahmat, A., & Abidin, M. (2021). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 74–90. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2525

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2020). Metode Penelitian Survei. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosisal.

Sliceid. (2024, March 18). Tren Pengguna Media sosial dan Digital Marketing Indonesia. Slice.Id. https://www.blog.slice.id/blog/tren-pengguna-media-sosial-dan-digital- marketing-indonesia-2024

Stocchi, L., Ludwichowska, G., Fuller, R., & Gregoric, A. (2021). Customer-Based Brand Equity for Branded Apps: A Simple Research Framework. Journal of Marketing Communications, 27(5), 534–563. https://doi.org/10.1080/13527266.2020.1752775

Tauli, T. (2020, January 31). Tiktok: Why The Enormous Success? Forbes. https://www.forbes.com/sites/tomtaulli/2020/01/31/tiktok-why-the-enormous- success/?sh=5ecc802f65d1




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4701

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF – 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Daffa Umar Thalib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index