ANALISIS KONTEN INSTAGRAM @UM_BUTON SEBAGAI TRANSFORMASI INFORMASI
Abstract
Tujuan penelitian ini melakukan analisis konten Instagram @um_buton Sebagai Transformasi Informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dan paradigma kritis untuk menganalisis konten Instagram @um_buton. Peneliti membagi konten menjadi empat pilar strategi dan melakukan observasi langsung serta studi literatur untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data meliputi observasi non-partisipan, di mana peneliti mengamati tanpa terlibat langsung, dan dokumentasi dari berbagai sumber tertulis. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari observasi peneliti terkait analisis konten Instagram @um_buton sebagai sarana transformasi informasi, disimpulkan bahwa peneliti menggunakan konsep empat pilar strategi media sosial. Pilar tersebut meliputi konten promosi, hiburan, pendidikan, dan percakapan. Konsep ini penting untuk mengembangkan media sosial, khususnya dalam menyusun strategi konten yang interaktif dan menarik. Observasi menunjukkan bahwa konten promosi adalah yang paling sering diunggah, dengan penggunaan hashtag #UMButon untuk memperluas jangkauan. Konten tidak hanya berfokus pada pemasaran kampus tetapi juga edukasi tentang nilai-nilai yang dipegang oleh UM Buton, sehingga masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami kampus tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah Sybhah Nafsyah, Suci Rahayu, dkk. (2022). “Analisis Konten Media Sosial Instagram Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi”. Jurnal Massive: Jurnal Ilmu Komuniskasi. Vol. 2. 1-11.
Akhmad Khabib Alia. (2015). “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitati pada Distro di Kota Sukarta)”. Vol 9.
Elang Apriliansyah Putra N, Karening Ajheng Daffa Arrafi Yustionio, dkk. (2024). “Analisis Konten Instagram @wirawirisuroboyo Sebagai Media Komunikasi dan Informasi”. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 11.
Febrizka Nabilla, Kiki Dwi Arvian, dkk. (2021). “Analisis Ruang Publik Instagram BEMP Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Sebagai Transformasi Informasi”. Jurnal Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. Vol 20, No.1.
Muhammad Rizal Ardiansah Putra, Muhammad Hidfayatullah, dkk. (2022). “Implementasi Digital Pr pada UM Buton dalam Menyebarkan Informasi Publik”. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media sosial. Vol. 2 No. 1.
Nafis Nuriz Zakiyah, Gunawan, dkk. (2022). “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopiu Taji Lereng Bromo”. Jurbnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Vol. 6(1) 145-156.
Nasrullah, R. (2016) Media Sosial: Perspetif Komunikasi, Budaya, dan
Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di
Kalangan Remaja. Jurnal Communication VIII, 1, 51– 65.
Teo Filus, dan Sulih Indra Dewi. (2018). “Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal JISIP: Jurnal Ilmu Sosial. Vol. 7, No. 2.
Sugiyono.2009. ”Memahami Penelitian Kualitatif” .Bandung: Alfabeta.
Van Dijck, J. and Poell, T. (2013) „Understanding social media logic‟, Media and
Communication, 1(1), pp. 2–14. doi: 10.12924/mac2013.01010002.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4779
Article Metrics
Abstract view : 44 timesPDF – 21 times
Refbacks
Copyright (c) 2025 Inayah Rayhan Salsabilah A.H, Harry Fajar Maulana, Muhammad Hidayatullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index