PERAN MEDIA SOSIAL WEVERSE DALAM MENJAGA RELASI IDOL DENGAN K-POPERS (STUDI PADA KOMUNITAS BANGTAN SONYEONDAN (BTS))
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi antara BTS (Bangtan Sonyeondan) dan penggemar mereka, ARMY (Adorable Respresentative M.C For Youth), melalui platform Weverse. Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Simbolik yang dikembangkan oleh George Herbert Mead dan Herbert Blumer, yang menekankan pada aktivitas manusia dalam komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Weverse berperan penting dalam membangun hubungan interaktif antara BTS dan ARMY. Platform ini menyediakan berbagai fitur seperti media, live, dan feed yang memungkinkan komunikasi dua arah. Fitur-fitur ini termasuk konten yang dibagikan oleh BTS, seperti album, foto, dan variety show, serta melalui live streaming dan fan letter. Selain itu, Weverse juga menawarkan konten eksklusif untuk pengguna yang berlangganan membership, yang mencakup merchandise dan akses ke acara khusus. Interaksi yang terjadi melalui Weverse tidak hanya memperkuat kedekatan antara BTS telah meluncurkan kampanye "Love Myself" bekerja sama dengan UNICEF, yang bertujuan mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan remaja. BTS dan ARMY tetapi juga menginspirasi penggemar untuk terlibat secara langsung dalam aktivitas sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Weverse merupakan alat yang efektif untuk membangun dan memperkuat hubungan antara artis dan penggemar melalui komunikasi digital. BTS dan ARMY berhasil menciptakan komunitas global yang didasarkan pada cinta, pengertian, dan solidaritas, yang melampaui batasan musik dan menjangkau aspek-aspek penting dalam kehidupan sosial dan kemanusiaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfadhil, D. A. (2021). Budaya Westernisasi Terhadap Masyaraka. Jurnal Sosial Politika, Vol.2, 2 – 3.
Anggraeni, D. (. (2019). Interaksi Fans dan Selebriti K-Pop Melalui Media Sosial Instagram. . Jurnal Hubungan Internasional, , 8(2), 130-138.
Ardianto, E. (2017). Fandom dan Aktivisme Media Sosial: Fenomena Penggemar (Fans) Hallyu di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 48-60.
Elmira, P. (2023, Oktorber 24). Galang Donasi Lebih dari Rp1 Miliar untuk Penyintas di Palestina. Diambil kembali dari Liputan6: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5431004/penggemar-bts-army-indonesia-sukses-galang-donasi-lebih-dari-rp1-miliar-untuk-p
Faktabtsina. (2023, Mei 31). Instagram. Diambil kembali dari https://www.instagram.com/p/C7lAuzEp8XF/?img_index=1
Henry. (2021, Oktober 8). Indonesia Tempati Urutan ke-4 Penggemar Korean Wave Terbesar di Dunia. Diambil kembali dari Liputan 6: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4678671/indonesia-tempati-urutan-ke-4-penggemar-korean-wave-terbesar-di-dunia
Indrinigtiyas, D. (2023). Komunikasi Word Of Mouth Dan Penyebaran Korean Wave Dalam Membangun Identitas Kelompok K-popers di Tangerang Selatan.
Kim, H. (2020). BTS, Art Revolution: Global Superstars and the De-globalization of K-pop. Continuum, 34.
Kurniawan, H. (2019). "Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi dan Interaksi Sosial Masyarakat Urban". Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 1-16.
Lestari, S. (2023, Februari 20). Apa Itu Weverse, Aplikasi Fandom BTS yang Bisnis Kreatif Wajib Ketahui! Diambil kembali dari https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/apa-itu-weverse-aplikasi-fandom-bts-yang-bisnis-kreatif-wajib-ketahui
Sarwono, S. (2016). Interaksi Simbolik: Perspektif Sosiologi Komunikasi.
Septiani., Z. (2023, Mei 25). 7 Nama Generasi Berdasarkan Umur, Kamu yang Mana?. Diambil kembali dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6737366/7-nama-generasi-berdasarkan-umur-kamu-yang-mana
Suharni, S. ((2015)). Westernisasi Sebagai Problema Pendidikan Era Modern. Jurnal AlIjtimaiyyah, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4793
Article Metrics
Abstract view : 30 timesPDF – 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wulan Lovita Arland

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index