ANALISIS PROMOSI E-WOM SKINCARE THE ORIGINOTE MELALUI KOMENTAR PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK INFLUENCER @NAKIIRANA DAN @DOSENKECANTIKAN
Abstract
Media sosial TikTok selain berguna untuk bersosialisasi dan berinteraksi tetapi juga dapat dijadikan sebagai ulasan positif dan negatif guna mendeskripsikan suatu barang yang digunakan seperti skincare The Originote melalui kolom komentar influencer @nakiirana dan @dosenkecantikan. Tidak hanya berbagai, ulasan tetapi mereka sering membagikan konten yang bersifat informatif dan mengedukasi para pengguna nya. Secara rinci, penulisan ini akan membahas mengenai penggunaan media sosial TikTok dalam mendukung promosi skincare The Originote melalui electronic Word of Mouth serta kontribusi influencer dalam memaksimalkan strategi e-WoM pada produk skincare The Originote di platform TikTok. Penulisan ini menggunakan beberapa indikator dari e-WoM, dengan metode penulisan yaitu fenomenologi dan metode pengumpulan data observasi serta studi pustaka. Kemudian, pada level konteks sosial penulis dapat menemukan bahwa tujuan influencer ialah untuk mengajak menggunakan produk skincare The Originote ini melalui kolom komentar yang mengandung umpan balik ataupun diskusi lanjutan mengenai topik yang sedang dibahas. Hasil penulisan ditemukan bahwa melalui TikTok ini mendukung terciptanya e-WoM yang dilakukan kedua influencer tersebut, walaupun hasil yang diperoleh terdapat komentar yang positif dan juga negatif. Namun, hal tersebut akan kembali pada kecocokan dari jenis kulit masing-masing. Walaupun demikian, hasil penulisan yang dapat disimpulkan bahwa adanya kontribusi influencer dalam e-WoM ini merupakan hal yang sangat penting dalam produk skincare The Originote ini, sebab sebagian besar viewers dari kedua influencer ini menjadi pengguna pada produk skincare The Originote setelah melihat promosi tersebut melalui video pendek di akun pribadi masing-masing influencer serta cara penyampaian nya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Pandey, r. s. (2018). Social media marketing impact on the purchase intention of millennials. International Journal of Business Information System 28(2).
Damayanti. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word of Mouth (E-WOM) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Sosial Media . Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), vOL. 2, No. 1, 31-45.
Dang, Z. &. (2018). Adoption of Social Media Search System: An IS Success Model Perspective. Journal of the Association for Information Systems, 10(2), 55-78.
Dictionaries, O. L. (2019). Definition Skincare. Retrieved from Oxford University Press: https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/skincare?q=skincare.
Farida, S. M. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) . Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi 7(1), 47-62.
Hariyanti, W. A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern(Sebuah Studi Literatur). Jurnal EKSEKUTIF, (15), 133-146.
Hussain, S. (2018). "Consumers online information adoption behavior: Motives and antecedents of electronic word of mouth communications", Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 22-32.
Ismagilova, E. (2017). Electronic Word of Mouth in the marketing context.
Kotler, P. d. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Marcinda, A. (2023). The Originote Hyalucera Moisturizer, Tekstur Gel yang Nyaman dan Cocok di Kulit Berminyak. Retrieved from Journal, Beauty: https://journal.sociolla.com/editorsreview/review-the-originote-hyalucera-moisturizer-tekstur-gel-yang-nyaman-dan-cocokdi-kulit-berminyak
Moleong, J. L. (2017). Metode Penulisan Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nanda, K. D. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Survei pada pengguna aplikasi TikTok). Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 84-94.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi . Bandung : Simbiosa Rekatama Media .
Nazir, M. R. (2014). Metode Penulisan . Bogor: Ghalia Indonesia .
Pratama, A. (2023). The Originote Konsisten Hadirkan Produk Skincare Berkualitas dengan Harga Terjangkau. Retrieved from Info Brand: https://infobrand.id/the-originote-konsisten-hadirkanproduk-skincare-berkualitas-dengan-harga-terjangkau.phtml.
Putsanra, P. &. (2019). Mengenal Arti Skincare.
Revitasari, F. (n.d.). Mengenal Beauty 4.0: Tren Kecantikan yang Ikuti Revolusi Industri 4.0. Retrieved from IDN TIMES: https://www.idntimes.com/life/WoMen/vita/ mengenal- beauty-40-tren-kecantikan-yangikuti-revolusi-industri-1/full.
Sukoco, S. A. (2018). NEW Komunikasi Pemasaran: Teori dan Aplikasinya. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi .
Tahapan Merawat Kulit. (n.d.). Retrieved from Gaya Hidup: https://tirto.id/mengenal-arti-skincare- dantahapan-merawat-kulit-eimA
Wahyuni, A. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. 212-231.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4806
Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF – 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anastasia Christine Margaretha Manurung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index