Pembelajaran Multikultural Berbasis AI
Abstract
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai etnis, suku, bangsa, dan budaya yang beraneka ragam. Keanekaragaman ini harus tetap dilestarikan karena ini bagian dari identitas bangsa. Upaya yang dilakukan agar tetap lestari melalui pendidikan multikultural. Belum seluruh lembaga pendidikan memberikan perhatian khusus pada pendidikan multikultural. Pengabdian ini mencoba melakukan pemberdayaan terhadap guru SMPIT Rahmaniyah, Bogor dalam mendesain pembelajarn multikulural berbasis Artificial Intelligence (AI). Tujuannya adalah guru terampil menyusun desain pembelajaran atau modul ajar multikultural dengan memanfaatkan AI serta terampil mengimplementasikannya di kelas. Metode kegiatan yang dilakukan yakni, sosialisasi kegiatan dan analisis kebutuhan, pelaksanaan kegiatan, penerapan teknologi, dan fasilitasi kolaborasi antarbudaya. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini, yakni adanya peningkatan keterampilan guru dalam mendesain modul ajar multikultural. Dari rata-rata 6,8 menjadi 7,9. Begitu juga dalam penggunaan dan pemanfaatan AI, dari 6,0 menjadi 8,2. Keterampilan melakukan praktik pembelajaran juga meningkat, dari rata-rata 4,7 menjadi 8,2. Hal ini membuktikan terjadi peningkatan keterampilan guru yang signifikan dalam pembelajaran multikultural
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif pendidikan multikultural. FOUNDASIA, 13(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444
Arenas, E. (2015). Affordances Of Learning Technologies in Higher Education Multikultural Environments. Electronic Journal of E-Learning, 13(4), 217–227.
Chalimi, I. R. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multikultural Pada Mata Pelajaran Sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 11(1), 105–116. https://doi.org/10.24127/hj.v11i1.7227.
Dian Arief Pradana, & Herdiana Dyah Susanti. (2020). Penerapan model pendidikan multikultural melalui pemberdayaan school culture dan dan struktur sosial. SEMINAR NASIONAL KONSORSIUM UNTAG Indonesia Ke-2 , 122–130.
Fuadi, N. Z., & Shohib, M. W. (2024). The Teaching of Islamic Education in the Multicultural School Environment: Approaches and Challenges. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 76-88
Hunt, E. B. (2014). Artificial intelligence. Academic Press.
Holmes, J., Sacchi, L., & Bellazzi, R. (2004). Artificial intelligence in medicine. Ann R Coll Surg Engl, 86, 334-8.
Harun, M. M., Wan Jaafar, W. M., Ismail, A., & Kamaruddin, M. S. (2023). Relationship between multikultural experiences and multikultural counseling competencies among Malaysian counselor trainees. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 10(November), 189–199. https://doi.org/10.21833/ijaas.2023.10.021
Januarti, A., & Zakso, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Teluk Keramat ). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–7.
Junaidi, J. (2018). Model Pendidikan Multikultural. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i1.3332
Kaul, V., Enslin, S., & Gross, S. A. (2020). History of artificial intelligence in medicine. Gastrointestinal Endoscopy, 92(4), 807–812. https://doi.org/10.1016/j.gie.2020.06.040
Latifah, Nur, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Lin, S. Y., & Chung, K. K. H. (2024). Linking teacher empathy to multikultural teaching competence: The mediating role of multikultural beliefs. Social Psychology of Education, March. https://doi.org/10.1007/s11218-024-09893-4
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Salvagno, M., Taccone, F. S., & Gerli, A. G. (2023). Can artificial intelligence help for scientific writing? Critical Care, 27(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/s13054-023-04380-2
Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2). https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022
Winston, P. H. (1992). Artificial intelligence. Addison-Wesley Longman Publishing Co., Inc.
Widarto, Pardjono, & Widodo, N. (2012). Pengembangan model pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, XXXI(3), 409–423. https://www.academia.edu/download/32798229/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf
Xu, Y., Liu, X., Cao, X., Huang, C., Liu, E., Qian, S., Liu, X., Wu, Y., Dong, F., Qiu, C. W., Qiu, J., Hua, K., Su, W., Wu, J., Xu, H., Han, Y., Fu, C., Yin, Z., Liu, M., … Zhang, J. (2021). Artificial intelligence: A powerful paradigm for scientific research. Innovation, 2(4). https://doi.org/10.1016/j.xinn.2021.100179
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5138
Article Metrics
Abstract view : 47 timesPDF – 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.