Pelatihan Origami dan Kirigami bagi Guru PAUD di Kabupaten Jayapura.
Abstract
Keterbatasan guru PAUD dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif, khususnya dalam penggunaan teknik origami dan kirigami, mendorong dilaksanakannya pelatihan ini. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru PAUD di Kabupaten Jayapura dalam mengintegrasikan teknik origami dan kirigami ke dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan meliputi sesi pelatihan, tanya jawab, dan praktek langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa semua peserta (100%) berhasil menyelesaikan pelatihan dengan sangat baik. Sebanyak 26 peserta (89,66%) mampu menggunakan teknik origami dan kirigami dengan sangat baik, sementara 3 peserta (10,34%) dengan kategori baik. Tanggapan peserta juga sangat positif. 75,86% peserta menyatakan materi sangat memuaskan, 86,21% menilai metode penyampaian sangat baik, dan 79,32% merasa instruksi sangat jelas. Dalam hal pemerolehan pengetahuan, 68,97% menyatakan mendapat pengetahuan baru yang sangat banyak. Kualitas bahan dan alat dinilai sangat baik oleh 51,72% peserta, dan 55,17% merasa sangat percaya diri dalam membuat origami dan kirigami setelah pelatihan. Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri guru PAUD dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, D., Candra, I., & Sriwahyuningsih, V. (2023). Pelatihan Kreatif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Portofolio untuk Anak Panti Asuhan. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 164–170. https://doi.org/10.38043/PARTA.V4I2.4700
Ai, C., Chen, Y., Xu, L., Li, H., Liu, C., Shang, F., Xia, Q., & Zhang, S. (2021). Current Development on Origami/Kirigami‐Inspired Structure of Creased Patterns Toward Robotics. Advanced Engineering Materials, 23(10). https://doi.org/10.1002/adem.202100473
Anisa, A. N., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Playing Origami Dan Its Impact on Fine Motor Skills Development of Children Aged 4-5. Journal of Early Childhood Education (Jece), 3(1), 22–30. https://doi.org/10.15408/jece.v3i1.19059
Boakes, N. (2009). Origami Instruction in the Middle School Mathematics Classroom: Its Impact on Spatial Visualization and Geometry Knowledge of Students. Rmle Online, 32(7), 1–12. https://doi.org/10.1080/19404476.2009.11462060
Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97
Elisa, E., Tukino, T., Harman, R., Simanjutak, P., Handoko, K., & Zetli, S. (2024). Pelatihan Konten Pembelajaran Kreatif dan Interaktif pada Himpunan Guru Kota Batam. PUAN INDONESIA, 6(1), 227–234. https://doi.org/10.37296/JPI.V6I1.263
Firdaus, N. M., & Ansori, A. (2019). Optimizing Management of Early Childhood Education in Community Empowerment. Journal of Nonformal Education, 5(1), 89–96. https://doi.org/10.15294/jne.v5i1.18532
Hanada, M. (2022). Introversion and High Spatial Ability Is Associated With Origami Proficiency. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.825462
Hashimoto, M., & Taguchi, Y. (2020). Design and Fabrication of a Kirigami-Inspired Electrothermal MEMS Scanner With Large Displacement. Micromachines, 11(4), 362. https://doi.org/10.3390/mi11040362
Huang, Z., Li, B., Lin, Y., Liu, Y., & Kang, X. (2022). Mechanical Properties of Novel Folded Kirigami Metamaterials Under Quasi-Static Compression. Smart Materials and Structures, 31(7), 75005. https://doi.org/10.1088/1361-665x/ac68b4
Ito, J. (2024). Development of a Digital Content for Computational Thinking Education Using Origami. https://doi.org/10.1117/12.3018681
Kim, T., & Lee, Y.-G. (2018). Shape Transformable Bifurcated Stents. Scientific Reports, 8(1). https://doi.org/10.1038/s41598-018-32129-3
Krisztián, Á., Bernáth, L., Gombos, H., & Vereczkei, L. (2015). Developing Numerical Ability in Children With Mathematical Difficulties Using Origami. Perceptual and Motor Skills, 121(1), 233–243. https://doi.org/10.2466/24.10.pms.121c16x1
Lyu, J., & Zhang, T. (2023). Research on the Application of Origami Structures in Interactive Product Design. 458–469. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-018-3_52
Miftahurrohmah, U. U., Hariri, H., Rini, R., & Rohmatillah, R. (2021). Exemplary Leadership Practices in Early Childhood Education in Preparing the Golden Generations for Indonesia. Journal of Social Humanity and Education, 1(4), 253–268. https://doi.org/10.35912/jshe.v1i4.529
Munqidzah, Z., & Ustianingsih, L. (2018). Pelatihan Origami bagi Guru-Guru PAUD Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 246–251. https://doi.org/10.21067/JPM.V3I1.2665
Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas Origami “Pengenalan Alam dan Binatang” Sebagai Proses Kreatif Siswa/I KB/TK Islam Salsabila. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(01), 108–111. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASLPPM/article/view/94
Rosli, R., & Lin, T. W. (2018). Children Early Mathematics Development Based on a Free Play Activity. Creative Education, 09(07), 1174–1185. https://doi.org/10.4236/ce.2018.97087
Safita, M., & Suryana, D. (2022). The Importance of Multicultural Education in Early Childhood Education Programs. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220602.009
Suryaningsih, S., Lisabe, C. M., Syafrullah, H., Arsyad, M., & Jamin, N. S. (2024). Pelatihan Metode Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 5–10. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/13
Toyib, M., & Ishartono, N. (2018). An Analysis of the Possibility of Origami Implementation in Mathematics Learning Process in Indonesia. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.32
Turner, N. W., Goodwine, B., & Sen, M. (2015). A Review of Origami Applications in Mechanical Engineering. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers Part C Journal of Mechanical Engineering Science, 230(14), 2345–2362. https://doi.org/10.1177/0954406215597713
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5208
Article Metrics
Abstract view : 13 timesPDF – 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.