Perancangan Trainer Ac Mobil Untuk Meningkatkan Keterampilan Praktis Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Dhuafa Padang

Desmarita Leni, Aggrivina Dwiharzandis, Arwizet Karudin, Helga Yermadona, Dea Qori Anjelika, Bakri Anuar

Abstract


Metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam memberikan gambaran nyata tentang cara kerja sistem AC mobil, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami komponen dan fungsinya. Untuk mengatasi permasalahan ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memperkenalkan Trainer AC Mobil sebagai alat praktikum interaktif yang dirancang untuk mendukung pembelajaran sistem pendingin kendaraan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Dhuafa padang, dengan melibatkan 15 siswa dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang didampingi oleh 4 orang guru, dengan metode pelaksanaan yang mencakup sosialisasi, penyerahan trainer, pengenalan komponen, pelatihan cara pengoperasian, dan perawatan dasar alat. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada aspek pemahaman komponen trainer, siswa memperoleh skor rata-rata 3.73 dari skala 5, yang menandakan pemahaman yang cukup baik. Pada aspek kemampuan mengoperasikan trainer, siswa memperoleh rata-rata skor 3.53, yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat mengoperasikan trainer dengan mandiri, meskipun beberapa masih memerlukan bimbingan. Sementara itu, pada aspek minat dan partisipasi aktif, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dengan skor rata-rata 4.13. Hasil ini mengindikasikan bahwa Trainer AC Mobil tidak hanya berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa, tetapi juga mampu memicu minat belajar yang lebih besar


Keywords


Interaktif; Pratikum; Sarana; SMK Dhuafa; Trainer AC

Full Text:

PDF

References


Amin, A., & Smith, I. (2017). Vertical integration or disintegration? The case of the UK car parts industry.

Chadry, R., Leni, D., Nofriadi, N., Sumiati, R., Budiman, D., & Mulyadi, M. (2023). PEMBUATAN ALAT TRAINER STARTING SYSTEM UNTUK MEDIA PRATIKUM JURUSAN KENDARAAN RINGAN SMK DHUAFA PADANG. Jurnal Vokasi, 7(3), 315. https://doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4186

CNN Indonesia. (2023, June 12). Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobi [CNN Indonesia]. https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230612125412-592-960660/6-kerusakan-yang-sering-terjadi-pada-mobil

Effendy, M., Saputra, E., & Surono, A. (2020). PELATIHAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN AC MOBIL BAGI SISWA SMK SIAP LULUS. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 63. https://doi.org/10.25077/logista.4.2.63-69.2020

Mahmud, S. N. D., Husnin, H., & Tuan Soh, T. M. (2020). Teaching Presence in Online Gamified Education for Sustainability Learning. Sustainability, 12(9), 3801. https://doi.org/10.3390/su12093801

Makransky, G., & Mayer, R. E. (2022). Benefits of Taking a Virtual Field Trip in Immersive Virtual Reality: Evidence for the Immersion Principle in Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 34(3), 1771–1798. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09675-4

Mi, C., & Masrur, A. (2017). Hybrid electric vehicles: Principles and applications with practical perspectives (2nd edition). Wiley.

Mohebi, L. (2021). Theoretical Models of Integration of Interactive Learning Technologies into Teaching: A Systematic Literature Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(12), 232–254. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.12.14

Nurudin, M. (2024). PEMBUATAN ALAT PERAGA ELEKTRO PNEUMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Nozzle : Journal Mechanical Engineering, 13(1). https://doi.org/10.30591/nozzle.v13i1.6676

Pujiyanto, R., Taufan, S., & Iriyanti, N. (2018). Limits on The Implementation of Contrario Actus Principle in The Procurement of Civil Servants. UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 5(2), 76. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v5i2.1237

Rahmawati, W., Putri, Y., & Zein, M. (2021). Evaluasi Efektifitas Pelatihan Dengan Metode Kirkpatrick (Study Terhadap Karyawan Rumah Sakit Bunda BMC Padang). INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 140–148. https://doi.org/10.55583/invest.v2i2.181

Ramadhan, F. E. N., & Suyanto, W. (2019). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKRB SMKN 1 SEDAYU. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i2.24300

Silberman, M., Khozim, M., & Rizal, M. (2021). Pembelajaran dari Pengalaman Dunia Nyata: Handbook Experiential Learning. Nusamedia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HeFlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Menurut+studi+oleh+Kolb+(1984)+tentang+pembelajaran+pengalaman

Tarei, P. K., Chand, P., & Gupta, H. (2021). Barriers to the adoption of electric vehicles: Evidence from India. Journal of Cleaner Production, 291, 125847. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.125847

Umam, K., Ibadillah, A. F., Ubaidillah, A., Sukri, H., Rahmawati, D., & Alfita, R. (2024). Pengembangan Trainer Internet of Things (IoT) Sebagai Media Pembelajaran Dengan Menggunakan NodeMCU ESP32CAM. Energy : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 14(1), 53–65. https://doi.org/10.51747/energy.v14i1.1937

Wati, R. I., S, S., & Sah, R. W. A. (2023). Siswa sekolah dasar menggunakan game “new family 100” untuk mengembangkan vocabulary, bagaimana kegiatan implementasinya? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2). https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.220

Widayaka, P. D., Windayani, N. R., Sisephaputra, B., Wardani, A. L., & Zulfikar, A. R. (2022). Pengabdian pada Masyarakat: Trainer Board Mikrokontroler Berbasis Arduino sebagai Media Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Pamekasan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 471–478. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.875

Wilcox, A. (2019). Flaring Issues, Solutions & Technologies—2019 (No. DOE-HARC--31691, 1569027; p. DOE-HARC--31691, 1569027). https://doi.org/10.2172/1569027

Zhang, W. (2022). The Role of Technology-Based Education and Teacher Professional Development in English as a Foreign Language Classes. Frontiers in Psychology, 13, 910315. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.910315




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5240

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF – 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.