Perancangan Trainer Ac Mobil Untuk Meningkatkan Keterampilan Praktis Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Dhuafa Padang
Abstract
Metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam memberikan gambaran nyata tentang cara kerja sistem AC mobil, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami komponen dan fungsinya. Untuk mengatasi permasalahan ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memperkenalkan Trainer AC Mobil sebagai alat praktikum interaktif yang dirancang untuk mendukung pembelajaran sistem pendingin kendaraan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Dhuafa padang, dengan melibatkan 15 siswa dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang didampingi oleh 4 orang guru, dengan metode pelaksanaan yang mencakup sosialisasi, penyerahan trainer, pengenalan komponen, pelatihan cara pengoperasian, dan perawatan dasar alat. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada aspek pemahaman komponen trainer, siswa memperoleh skor rata-rata 3.73 dari skala 5, yang menandakan pemahaman yang cukup baik. Pada aspek kemampuan mengoperasikan trainer, siswa memperoleh rata-rata skor 3.53, yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat mengoperasikan trainer dengan mandiri, meskipun beberapa masih memerlukan bimbingan. Sementara itu, pada aspek minat dan partisipasi aktif, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dengan skor rata-rata 4.13. Hasil ini mengindikasikan bahwa Trainer AC Mobil tidak hanya berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa, tetapi juga mampu memicu minat belajar yang lebih besar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A., & Smith, I. (2017). Vertical integration or disintegration? The case of the UK car parts industry.
Chadry, R., Leni, D., Nofriadi, N., Sumiati, R., Budiman, D., & Mulyadi, M. (2023). PEMBUATAN ALAT TRAINER STARTING SYSTEM UNTUK MEDIA PRATIKUM JURUSAN KENDARAAN RINGAN SMK DHUAFA PADANG. Jurnal Vokasi, 7(3), 315. https://doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4186
CNN Indonesia. (2023, June 12). Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobi [CNN Indonesia]. https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230612125412-592-960660/6-kerusakan-yang-sering-terjadi-pada-mobil
Effendy, M., Saputra, E., & Surono, A. (2020). PELATIHAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN AC MOBIL BAGI SISWA SMK SIAP LULUS. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 63. https://doi.org/10.25077/logista.4.2.63-69.2020
Mahmud, S. N. D., Husnin, H., & Tuan Soh, T. M. (2020). Teaching Presence in Online Gamified Education for Sustainability Learning. Sustainability, 12(9), 3801. https://doi.org/10.3390/su12093801
Makransky, G., & Mayer, R. E. (2022). Benefits of Taking a Virtual Field Trip in Immersive Virtual Reality: Evidence for the Immersion Principle in Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 34(3), 1771–1798. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09675-4
Mi, C., & Masrur, A. (2017). Hybrid electric vehicles: Principles and applications with practical perspectives (2nd edition). Wiley.
Mohebi, L. (2021). Theoretical Models of Integration of Interactive Learning Technologies into Teaching: A Systematic Literature Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(12), 232–254. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.12.14
Nurudin, M. (2024). PEMBUATAN ALAT PERAGA ELEKTRO PNEUMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Nozzle : Journal Mechanical Engineering, 13(1). https://doi.org/10.30591/nozzle.v13i1.6676
Pujiyanto, R., Taufan, S., & Iriyanti, N. (2018). Limits on The Implementation of Contrario Actus Principle in The Procurement of Civil Servants. UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 5(2), 76. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v5i2.1237
Rahmawati, W., Putri, Y., & Zein, M. (2021). Evaluasi Efektifitas Pelatihan Dengan Metode Kirkpatrick (Study Terhadap Karyawan Rumah Sakit Bunda BMC Padang). INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 140–148. https://doi.org/10.55583/invest.v2i2.181
Ramadhan, F. E. N., & Suyanto, W. (2019). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKRB SMKN 1 SEDAYU. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i2.24300
Silberman, M., Khozim, M., & Rizal, M. (2021). Pembelajaran dari Pengalaman Dunia Nyata: Handbook Experiential Learning. Nusamedia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HeFlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Menurut+studi+oleh+Kolb+(1984)+tentang+pembelajaran+pengalaman
Tarei, P. K., Chand, P., & Gupta, H. (2021). Barriers to the adoption of electric vehicles: Evidence from India. Journal of Cleaner Production, 291, 125847. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.125847
Umam, K., Ibadillah, A. F., Ubaidillah, A., Sukri, H., Rahmawati, D., & Alfita, R. (2024). Pengembangan Trainer Internet of Things (IoT) Sebagai Media Pembelajaran Dengan Menggunakan NodeMCU ESP32CAM. Energy : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 14(1), 53–65. https://doi.org/10.51747/energy.v14i1.1937
Wati, R. I., S, S., & Sah, R. W. A. (2023). Siswa sekolah dasar menggunakan game “new family 100” untuk mengembangkan vocabulary, bagaimana kegiatan implementasinya? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2). https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.220
Widayaka, P. D., Windayani, N. R., Sisephaputra, B., Wardani, A. L., & Zulfikar, A. R. (2022). Pengabdian pada Masyarakat: Trainer Board Mikrokontroler Berbasis Arduino sebagai Media Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Pamekasan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 471–478. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.875
Wilcox, A. (2019). Flaring Issues, Solutions & Technologies—2019 (No. DOE-HARC--31691, 1569027; p. DOE-HARC--31691, 1569027). https://doi.org/10.2172/1569027
Zhang, W. (2022). The Role of Technology-Based Education and Teacher Professional Development in English as a Foreign Language Classes. Frontiers in Psychology, 13, 910315. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.910315
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5240
Article Metrics
Abstract view : 53 timesPDF – 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.