Pendampingan Menulis dengan Teknik Parafrase untuk Menghindari Plagiarisme pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan tujuan mencegah praktik plagiasi. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus plagiasi dan budaya salin-tempel pada karya ilmiah yang disusun mahasiswa. Kegiatan pendampingan ini dilakukan kepada 8 orang mahasiswa tingkat akhir. Adapun 8 orang mahasiswa yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa bimbingan skripsi sehingga hasil pelaksanaannya akan berdampak nyata pada proses penulisan proposal skripsi. Dalam prosesnya, kegiatan ini dilakukan melalui paparan materi dan lebih banyak melakukan latihan praktik parafrase. Selama latihan berlangsung, pekerjaan mahasiswa dicek secara manual mulai dari kemiripan hingga praktik parafrase yang keliru. Hasil pendampinganpun efektif. Dikatakan efektif karena mahasiswa mampu mempraktikkan teknik parafrase dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil parafrase yang dibuat mahasiswa. Mahasiswa menulis sesuai dengan judul proposal masing-masing. Sebagai latihan dalam kegiatan ini, mahasiswa menulis bagian latar belakang proposal. Hasilnya, struktur kalimat parafrase yang dibuat mahasiswa benar-benar sesuai dan memiliki kemiripan yang minim dengan teks asli yang diparafrase. Jadi, pendampingan teknik parafrase efektif sehingga disarankan untuk dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400–407. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Çeşme, H. (2022). Exploring Paraphrase Performances and Strategies of Graduate Student Writing. Shanlax International Journal of Education, 11(1), 10–23. https://doi.org/10.34293/education.v11i1.5247
Fitria, T. N. (2022). Avoiding Plagiarism of Students’ Scientific Writing by Using the QuillBot Paraphraser. ELSYA : Journal of English Language Studies, 4(3). https://doi.org/10.31849/elsya.v4i3.9917
Fried A, S., & F, T. (2021). Quoting, Paraphrasing, and Summarizing sources. Quoting, Paraphrasing, and Summarizing Sources, 89–98.
Lina, M. F., & Supriyono, L. (2021). Workshop Menghindari Plagiasi dengan Teknik Parafrase pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir 2021. Penamas: Journal of Community Service, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.53088/penamas.v1i2.182
Lubis, F., Silaban, A. F., Siregar, A. S. A. J., Girsang, A. A., Situmorang, D. N. B., Purba, G. S. A., Siregar, N. A., & Devi, T. A. (2023). Analisis Pentingnya Parafrase pada Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Menghindari Plagiarisme. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i2.150
Madani, M. ., & Ardianti, R. (2020). Teknik Parafrase dalam Ketrampilan Menulis Untuk Menghindari Plagiarisme. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 343–344.
Malabay. (2022). Pelatihan dan Penyuluhan Teknik Parafrase Manual. Jurnal Abdimas, 8(5), 287–290.
Marwah, U., Arifin, S., Hartinah, S., & Putri, A. A. K. (2024). Pelatihan Parafrasa dan Aplikasi Parafrasa Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 59–67. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2615
Mohammad, T., Falah Alzubi, A. A., Nazim, M., & Khan, S. I. (2024). Evaluating the Effectiveness of Quillbot in Improving Students’ Paraphrasing Skills: Teachers’ Voices. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 102(6), 2556–2567.
Na, C. Do, & Nhat Chi Mai, N. X. (2017). Paraphrasing in Academic Writing: a Case Study of Vietnamese Learners of English. Language Education in Asia, 8(1), 9–24. https://doi.org/10.5746/leia/17/v8/i1/a02/na_mai
Ovilia, R., Addina, A., & Rifky, O. (2022). Students’ Paraphrasing Ability in Academic Writing; Techniques and Challenges. Komposisi, 23(1), 141–151.
Rafiqa, Taufiq Hidayat Pabbajah, M., Asfihana, R., Nazaruddin, R., & Latifah. (2023). the Effect of Paraphrasing on Efl Students’ Writing At Indonesian Higher Education. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 26(1), 335–345. https://doi.org/10.24071/llt.v26i1.5683
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Sumarwati, S., & Suwandi, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Teknik Parafrase Wacana Dialog: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA, 4(2), 77–98. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa
Whitaker, A. (2021). Academic Writing Guide : Paraphrasing. Alexander College, 1–4
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5291
Article Metrics
Abstract view : 55 timesPDF – 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.