Pendampingan Menulis dengan Teknik Parafrase untuk Menghindari Plagiarisme pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Fransiska Jaiman Madu

Abstract


Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan tujuan mencegah praktik plagiasi. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus plagiasi dan budaya salin-tempel pada karya ilmiah yang disusun mahasiswa. Kegiatan pendampingan ini dilakukan kepada 8 orang mahasiswa tingkat akhir. Adapun 8 orang mahasiswa yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa bimbingan skripsi sehingga hasil pelaksanaannya akan berdampak nyata pada proses penulisan proposal skripsi. Dalam prosesnya, kegiatan ini dilakukan melalui paparan materi dan lebih banyak melakukan latihan praktik parafrase. Selama latihan berlangsung, pekerjaan mahasiswa dicek secara manual mulai dari kemiripan hingga praktik parafrase yang keliru. Hasil pendampinganpun efektif. Dikatakan efektif karena mahasiswa mampu mempraktikkan teknik parafrase dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil parafrase yang dibuat mahasiswa. Mahasiswa menulis sesuai dengan judul proposal masing-masing. Sebagai latihan dalam kegiatan ini, mahasiswa menulis bagian latar belakang proposal. Hasilnya, struktur kalimat parafrase yang dibuat mahasiswa benar-benar sesuai dan memiliki kemiripan yang minim dengan teks asli yang diparafrase. Jadi, pendampingan teknik parafrase efektif sehingga disarankan untuk dilakukan.


Keywords


Karya Ilmiah; Plagiarisme; Teknik Parafrase

Full Text:

PDF

References


Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400–407. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Çeşme, H. (2022). Exploring Paraphrase Performances and Strategies of Graduate Student Writing. Shanlax International Journal of Education, 11(1), 10–23. https://doi.org/10.34293/education.v11i1.5247

Fitria, T. N. (2022). Avoiding Plagiarism of Students’ Scientific Writing by Using the QuillBot Paraphraser. ELSYA : Journal of English Language Studies, 4(3). https://doi.org/10.31849/elsya.v4i3.9917

Fried A, S., & F, T. (2021). Quoting, Paraphrasing, and Summarizing sources. Quoting, Paraphrasing, and Summarizing Sources, 89–98.

Lina, M. F., & Supriyono, L. (2021). Workshop Menghindari Plagiasi dengan Teknik Parafrase pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir 2021. Penamas: Journal of Community Service, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.53088/penamas.v1i2.182

Lubis, F., Silaban, A. F., Siregar, A. S. A. J., Girsang, A. A., Situmorang, D. N. B., Purba, G. S. A., Siregar, N. A., & Devi, T. A. (2023). Analisis Pentingnya Parafrase pada Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Menghindari Plagiarisme. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i2.150

Madani, M. ., & Ardianti, R. (2020). Teknik Parafrase dalam Ketrampilan Menulis Untuk Menghindari Plagiarisme. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 343–344.

Malabay. (2022). Pelatihan dan Penyuluhan Teknik Parafrase Manual. Jurnal Abdimas, 8(5), 287–290.

Marwah, U., Arifin, S., Hartinah, S., & Putri, A. A. K. (2024). Pelatihan Parafrasa dan Aplikasi Parafrasa Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 59–67. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2615

Mohammad, T., Falah Alzubi, A. A., Nazim, M., & Khan, S. I. (2024). Evaluating the Effectiveness of Quillbot in Improving Students’ Paraphrasing Skills: Teachers’ Voices. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 102(6), 2556–2567.

Na, C. Do, & Nhat Chi Mai, N. X. (2017). Paraphrasing in Academic Writing: a Case Study of Vietnamese Learners of English. Language Education in Asia, 8(1), 9–24. https://doi.org/10.5746/leia/17/v8/i1/a02/na_mai

Ovilia, R., Addina, A., & Rifky, O. (2022). Students’ Paraphrasing Ability in Academic Writing; Techniques and Challenges. Komposisi, 23(1), 141–151.

Rafiqa, Taufiq Hidayat Pabbajah, M., Asfihana, R., Nazaruddin, R., & Latifah. (2023). the Effect of Paraphrasing on Efl Students’ Writing At Indonesian Higher Education. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 26(1), 335–345. https://doi.org/10.24071/llt.v26i1.5683

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Sumarwati, S., & Suwandi, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Teknik Parafrase Wacana Dialog: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA, 4(2), 77–98. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Whitaker, A. (2021). Academic Writing Guide : Paraphrasing. Alexander College, 1–4




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5291

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF – 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.