INSTAGRAM @JENSETTERS.HOME DALAM MEMPENGARUHI PREFERENSI FASHION MODE

Firda Nurfajriah Putri, Zainal Abidin, Tri Widya Budhiharti

Abstract


Kemajuan teknologi serta dampak globalisasi memudahkan setiap negara untuk meyebarkan budayanya ke penjuru dunia, salah satunya melalui sosial media dan seseorang yang terkanal di negaranya. Penelitian ini membahas tentang unggahan Instagram @jensetters.home dalam mempengaruhi fashion mode pengikutnya. Teori yang digunakan adalah teori uses and effect. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan survei eksplanatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh “Intensitas”, “Isi Pesan”, dan “Daya Tarik” terhadap preferensi fashion mode pengikutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Intensitas (X1) terhadap variabel Y sebesar 17,25%, pengaruh Isi Pesan (X2) terhadap variabel Y sebesar 5,5%, dan pengaruh Daya Tarik (X3) terhadap variabel Y sebesar 9,3%. Hal ini sesuai dengan asumsi dari teori uses and effect bahwa penggunaan media menghasilkan efek bagi penggunanya.


Keywords


Instagram, uses and effect, Preferensi, Fashion Mode

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2019. “Hubungan Antara Tayangan K-Drama Di Televisi Dengan Perilaku Pada Anak Remaja Dalam Mengimitasi Korean Fashion Article Information.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 13(1). doi: 10.24090/komunika.v13.i1.2075.

Abidin, Zainal. 2024. Budaya Populer Korea Selatan: Nation Branding Melalui K-Drama, K-Movie Dan K-Pop. Solok, Sumatera Barat: Mafy Media Literasi Indonesia.

Alfirahmi. 2019. “Fenomena Kekinian Di Era 4.0 Ditinjau Dari Marketing 4.0 Dan Teori Uses and Effect.” Jurnal Lugas 24(1):24–32.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Chart, Kpop. 2019. “Majalah Vogue Sebut Jennie Dan Hyuna Sebagai Trendsetter Fashion Saat Ini.” Retrieved May 9, 2024 (https://www.kpopchart.net/fashion/pr-9166292169/majalah-vogue-sebut-jennie-dan-hyuna-sebagai-trendsetter-fashion-saat-ini).

Eva Dinar, Risma, Zainal Abidin, and Maulana Rifai. 2022. “Jurnal Politikom Indonesiana: Fan Culture Dan Perkembangan Kreativitas Remaja Kpopers.” Ilmu Politik Dan Ilmu Komunikasi 7(1):113–29.

Ferlitasari, Reni, Suhandi, and Ellya Rosana. 2020. “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja.” Jurnal Sosiologi Agama 01:1–18.

Fitriyadi, Ilham, and Gilang Alam. 2020. “Globalisasi Budaya Populer Indonesia (Musik Dangdut) Di Kawasan Asia Tenggara.” Padjadjaran Journal of International Relations 1(3):251.

Monanda, Rizka. 2017. “Pengaruh Media Sosial Instagram @awkarin Terhadap Gaya Hidup Hedonis Di Kalangan Followers Remaja.” JOM FISIP 4(2).

Sugiyono. 2018. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (26th Ed.).” Alfabeta Bandung.

Sumarni, Tasem. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Generasi Z.” Universitas Singaperbangsa Karawang , Karawang .




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4924

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF – 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Firda Nurfajriah Putri, Zainal Abidin, Tri Widya Budhiharti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index