Peningkatan Keterampilan Guru PAUD Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung Melalui Workshop “Fun Reading Activity”

Revita Yanuarsari, Susan Maulani

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi adanya keinginan guru PAUD Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung untuk meningkatkan keterampilan membaca yang kreatif, interaktif, dan menyenangkan. Tujuan workshop "Fun Reading Activity" adalah sebagai solusi untuk membantu guru PAUD mengembangkan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif, sehingga minat baca anak usia dini dapat ditingkatkan sejak dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan, simulasi, dan pendampingan langsung kepada para guru dalam merancang dan melaksanakan aktivitas membaca yang menarik. Evaluasi kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara melakukan pre-test, post-test, kuisioner kepuasan dan observasi pasca workshop. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta peningkatan antusiasme siswa terhadap kegiatan membaca. Diharapkan, workshop ini dapat berkelanjutan dan diterapkan di berbagai lembaga PAUD untuk mendukung pembelajaran literasi yang efektif. Dengan demikian, workshop ini dapat menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia, khususnya dalam aspek literasi


Keywords


Fun Reading Activity; Keterampilan Guru; Literasi; Anak PAUD

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 313-325.

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Darmaji, D., Purwaningsih, S., Lestari, N., Riantoni, C., & Falah, H. S. (2023). Pelatihan PhET Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA Dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 739-745.

Dewayani, S. (2017). Menghidupkan literasi di ruang kelas. PT Kanisius.

Herlina, E. S. (2019). Membaca permulaan untuk anak usia dini dalam era pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4).

Karlina, A. Y., Baiin, A. P. H., & Wahyuni, S. (2024). Pemahaman Tentang Anak yang Terlalu Aktif di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. RECQA: Research Early Childhood Qurrota A'yun, 1(1), 79-84.

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk literasi membaca pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631-647.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Muqodas, I., Nur’Zahra, A. N., Saputri, N. A., & Karomaunnisa, N. (2024). UPAYA MENINGKATKAN GIZI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN WORKSHOP MEMBUAT BENTO. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7731-7737.

Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 30-39.

Qulsum, D. U. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315-330.

Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122-130.

Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh penyajian materi dalam bentuk media komik terhadap minat baca dan hasil belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., ... & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Yanuarsari, R., & Muchtar, H. S. (2022). Pelatihan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 142-148.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5042

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF – 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.